Seni Lukis Termahal dan Terpopuler di Dunia

Seni Lukis Termahal dan Terpopuler di Dunia

Seni Lukis Termahal dan Terpopuler di Dunia

Seni Lukis Termahal dan Terpopuler di Dunia yang Tak Lekang Oleh Waktu

PartiCular Gallery. – Mungkin Anda dan sebagian besar masyarakat bertanya-tanya, mengapa seni lukis menjadi barang paling mahal? Sdiedangkan masih ada jenis lain seperti pertunjukan tarian, nnyannyian, tembang tradisional, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Harga satu lukisan saja dapat mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah dengan desain, konsep, dan bentuk tertentu. Bahkan ada yang gambarnya terlihat sangat sederhana seakan anak-anak dapat membuatnya ternyata terjual dengan harga fantastis setara satu buah mobil sport mewah.

Kita ambil contoh lukisan Van Gogh yaang didominasi bentuk abstrak tak karuan. Dari jauh maupun dekat akan kelihatan sama saja seperti coretan garis tidak beraturan dan sembarangan tetapi sampai sekarang masih dianggap fenomenal. Kemudian masyarakat akhirnya tau kalau sebuah karya seni lukis itu dinilai dari berbagai macam segi. Bukan hanya masalah pola gambar dan perpaduan warnanya saja melainkan juga makna, proses pembuatan dan paling penting popularitas pelukisnya.

  • Apa Saja Faktor yang Membuat Lukisan Mahal?

Salah seorang seniman sekaligus pengamat seni asal Indonesia, Mikke Susanto mengungkapkan kalau banyak faktor memengaruhi naik turunnya harga seni lukis. Yang penting sekaligus jadi paling utama adalah mengenai riwayat seniman itu sendiri, mulai dari konsep ide, bahan, teknik lukis, kondisi barang, dan ukurannya. Kemudian juga bagaimana akuisi dari kolektor atau pembeli sebelumnya.

Kalau pembelinya merupakan orang penting alias tidak sembarangan tentu akan menawarkan harga tinggi, begitu pula sebaliknya. Namun ada pula beberapa seniman lukis langsung mematok harga tertentu untuk lukisan mereka tanpa adanya tawar menarat terlebih dahulu. Satu lagi faktornya yaitu mengenai publikasi karena sangat penting memasarkan karya sendiri supaya dilihat orang banyak. Semakin luas jangkauan pasar maka tawaran juga lebih banyak, mulai dari kolektor biasa, wisatawan, turis asing, dan lain sebagainya.

Contoh Karya Seni Lukis Termahal di Dunia

Mengetahui kalau seni lukis ternyata menjadi barang kesenian paling bernilai maka sudah ada contoh lukisan terpopuler yang tembus angka milyaran rupiah. Kalau Anda merasa penasaran, coba lihat informasinya berikut ini.

  • Woman III, Willem de Kooning

Berhasil terjual dengan harga $159.800.000, lukisan dengan tema sosok wanita ini dimiliki oleh Steven Cohen. Sebelumnya sempat dijual pula kepada pihak Tehram Museum of Contempory Art Collection di tahun 2006. Aliran dari lukisan tersebut abstrak tetapi mengambil gambaran ide seorang wanita yang diselesaikan sekitar tahun 1953.

  • Potrait Of Dr. Gachet, Vincent Van Gogh

Karya dari Van Gogh selalu melegenda dan laris di pasaran menjadi barang mewah serta mahal. Selesai satu lukisan saja maka langsung diburu oleh para kolektor atau konglomerat ternama dengan harga fantastis. Salah satunya seperti karya berjudul Potrait Of Dr. Gachet laku sekitar $149.000.000 yang dibeli oleh penikmat seni bernama Saito. Seni tersebut selesai pada tahun 1890 di daerah Auvers, kemudian pertama kali dilelang dengan harga hanya $82.500.000. Saito begitu tergila-gila dengan karya Van Gogh bahkan ingin mati dikremasi bersama lukisan tersebut.

  • Three Studies Of Lucian Freud, Francis Bacon

Tahun 1969 lukisan unik ini sangatlah populer di Negara Inggris. Konsepnya merupakan gambar seseorang duduk diatas kursi dengan tiga macam angle berbeda sehingga menciptakan kesan unik namun misterius. Karya Francis Bacon tersebut kemudian berhasil terjual dengan harga $145.000.000.

  • Le Reve, Pablo Picasso

Selain van Gogh, seniman seni lukis terkenal dunia lain yaitu Pablo Picasso yang juga punya banyak riwayat penjualan luar biasa. Pada karya Le Reve, gambar wanita muda asal Spanyol berusia 22 tahunan dengan penggunaan warna bold dan cerah ini laku di tahun 1932 dengan harga $158,5 juta.

  • Potrait of Joseph Roulin, Van Gogh

Van Gogh lagi-lagi menggebrak dunia dengan satu lukisan menakjubkan pada tahun 1889. Potrait of Joseph Roulin pertama kalinya ditawarkan dengan harga $58.000.000 kemudian ditawar dua kali lipat lebih tinggi oleh Museum of Modern Art di New York City mencapai $111.000.000.

  • 5 198, Jayson Pollock

Jayson Pollock merupakan seniman era lawas yang suka dengan genre unik, seperti pada karya yang satu ini. No. 5 198 menggambarkan sebuah peta buta yang dilitasi oleh benang ruwet bewarna kuning. Ia memang sengaja menggunakan teknik acak dimana sudah jadi ciri khas sejak lama. Lukisan tersebut selesai pada tahun 1948 dengan harga $162.700.000. Angka yang lebih mahal dari Van Gogh maupun Picasso bukan?

Semua orang dapat membuat sebuah seni lukis ataupun menjadi seniman. Namun sayangnya tak semua karya bisa tembus nominal fantastis kalau belum memenuhi beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas. Tips menjadi seorang seniman lukis sebaiknya memang punya ciri khas sendiri, konsep atau ide unik bahkan out of the box, serta rajin promosi karya-karyanya agar dilirik masyarakat luas. Riwayat penjualan mereka ternyata juga memengaruhi harga jual karena menandakan jika banyak orang tertarik serta kualitasnya memang patut diunggulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *