Seni Fotograpi Mata Kedua

Seni Fotograpi Mata Kedua

Seni Fotograpi Mata Kedua

Seni Fotograpi Mata Kedua

PartiCularGallery. – Seni Fotograpi Mata Kedua adalah mata kedua yang dimiliki manusia. Mata yang dimiliki manusia diciptakan untuk menangkap dan merekam jejak-jejak kehidupan. Merekam bagaimana seekor kambing memakan rumput, sekawanan burung terbang, sekelompok anak muda bercengkerama, tak luput semut-semut kecil yang bergerak mengerumuni remahan kue. Rekaman akan tersimpan otomatis dimemori otak. Otak memprosesnya menjadi berpetak-petak kenangan yang akan selalu diingat. Tak jauh beda dengan seni fotografi. Kamera ibarat mata yang merekam banyak momen. Yang membuat menarik, kita bisa mencetak hasil jepretan kamera dan bisa dinikmati secara nyata. Banyak momen yang terkadang lewat begitu saja, penyelematan yang bisa dilakukan adalah dengan mata kamera. Momen yang dikira hilang dan tak bisa dinikmati dapat terekam kembali dengan baik.

Kebanyakan orang awan memandang seni fotografi adalah sesuatu yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu, dalam hal ini adalah fotografer. Tapi tidak, orang-orang biasa tanpa latar belakang fotograferpun masih bisa menikmatinya. Tidak perlu menggunakan alat-alat profesional untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus. Cukup dengan telefon genggam saja kita sudah bisa menghasilkan gambar yang indah. Kita hanya memerlukan kesabaran, ketelitian, serta menyatu dengan kamera dan obyek yang akan di ambil. Tentu saja dengan bantuan beberapa trik sehingga dapat membuat gambar menjadi istimewa.

Pernah mendengar istilah bokeh ? bahasa yang lebih gampang di mengerti adalah foto dengan background blur di belakang. Ketika suatu objek diambil dengan dengan background bokeh akan menjadikan foto sangat fokus hingga detail-detail obyeknya terlihat. Foto daun jatuh di tepi danau diambil dengan background biasa tanpa bokeh tidak menimbulkan kesan istimewa pada daun. Mata kita akan teralihkan pada pemandangan danau atau pohon yang ada disekitarnya. Berbeda apabila diambil dengan background blur, daun akan menjadi fokus utama pada gambar sehingga dapat memunculkan persepsi dan pandangan lain.

Seni Fotograpi Mata

Daun yang jatuh akan terlihat begitu nyata seperti melihat dengan mata telanjang. Dan akan memberikan kesan tertentu sesuai kondisi dan suasana hati orang yang melihatnya. Ketika sedang bersedih, kita akan melihat daun yang jatuh layak diri kita. Seperti bercermin. Merasa rapuh dan sendiri. Ketika dalam  suasana hati  bahagia, daun akan terlihat seperti lambang kebebasan. Jatuhnya daun dari ranting pohon bukan berarti ditinggalkan atau meninggalkan tetapi melepaskan diri dari hal yang mengikat untuk mencari kebahagiaan baru. Seperti istilah lama daun yang jatuh tidak pernah membenci angin

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah pintar memilih angel atau sudut foto. Percaya atau tidak banyak orang tertipu dengan sebuah foto karena pengambilan gambar dilakukan dengan sudut yang tidak biasa. Sudut pengambilan gambar sangat mempengaruhi hasil akhir suatu foto. Obyek yang diambil dari atas akan berbeda hasilnya dengan obyek yang diambil dari samping atau dari bawah. Sebuah gelas berisi es batu yang diambil dari atas akan memperlihatkan kotak-kotak es batu dan air yang mulai mencari di dalam gelas.

Sangat berbeda apabila sudut pengambilan gambar dilakukan dari samping. Detail-detail obyek akan terlihat lebih jelas. Es batu, air dari es yang mencair, uap es batu, dan titik-titik embun di luar gelas akan menjadi satu kesatuan dalam mata kamera. Gambar akan terlihat lebih hidup dan terlihat lebih menarik hingga mampu membuat orang yang memandangnya seketika merasa kehausan. Tetesan embun yang terlihat jelas akan membuat seolah-oalah di depan kita memang ada segelas air dingin menyegarkan dengan tambahan es batu di dalamnya.

Trik ketiga adalah rasa. Kita sebagai fotografer harus memahami dan menyatu dengan obyek yang akan diambil. Sense juga mempengaruhi hasil gambarnya. Kita harus mampu merasakan obyek itu di dalam pikiran dan hati kita. Apabila sudah mampu merasakan maka gambar yang terfoto akan serasa lebih hidup dan menarik. Banyak foto – foto tempat wisata menjadi biasa saja karena kurang menyatunya fotografer dengan tempat tersebut.

Padahal apabila mampu menepatkan sense dengan baik foto akan terlihat lebih baik. Trik-trik sederhana seperti ini mungkin sedikit remeh tapi sangat menentukan hasil akhir sebuah foto. Apakah foto akan terlihat tidak baik, biasa saja, atau menjadi menarik sekali. seni Fotografi terasa mudah bagi yang mencintai dunia fotografi. Kita akan melihat banyak sekali indahan di dalamnya. Keindahan hasil refleksi lensa kamera.

Kalau mau mendalami lebih jauh, seni fotografi bukan hanya sekedar mengambil gambar. Fotografi adalah seni. Fotografi adalah mata kedua yang dapat mengabadikan momen – momen penting dalam hidup kita. Membantu mengingat kenangan yang lama terkubur. Segala komponen – komponennya apabila diletakkan pada tempat yang tepat akan menghasilkan foto – foto yang luar biasa. Melalui fotografi, kenangan tidak hanya disimpan dan dirasakan di dalam otak serta hati, tetapi mampu dinikmati secara nyata berulang kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *