Beberapa Galery Seni Di Kota Yogyakarta

Beberapa Galery Seni Di Kota Yogyakarta

Beberapa Galery Seni Di Kota Yogyakarta

Beberapa Galery Seni Di Kota Yogyakarta

PartiCularGallery. – Jogja memang istimewa, tidak hanya diketahui dari makanan ciri khas seperti gudeg, bakmi jawa, serta bakpia, Jogja juga dikenal menjadi kota budaya. Sangat banyak beberapa seniman di kota ini. Pameran seni juga seperti tanpa putus terselenggara di kota ini.

Dapat disebut bila Jogja tidak sempat sepi dari event-event menarik. Hal tersebut juga yang membuat banayk orang tetap kangen untuk berkunjung ke Jogja.

Nah, menjadi kota budaya yang tidak sempat sepi dari agenda seni, pasti Jogja tidak dapat dilepaskan dari kehadiran galeri seni menjadi tempat beberapa seniman menunjukkan karyanya. Ada sangat banyak galeri seni yang dapat kamu datangi waktu berlibur ke Jogja.

  • Taman Budaya Yogyakarta (TBY)

Ini merupakan salah satu galeri seni paling terkenal di Yogyakarta. Tempat yang terletak di Jalan Sriwedari Yogyakarta ini tak pernah sepi dari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni. Mulai dari pameran tunggal, pameran mahasiswa, hingga berbagai event-event seni besar di Yogyakarta. Di bagian atas TBY, terdapat pula Museum Anak Kolong Tangga yang bisa kamu kunjungi.

  • Jogja National Museum (JNM)

Selain TBY, galeri seni besar yang ada di Yogyakarta adalah Jogja National Museum (JNM). Event-event seni besar juga kerap diadakan di galeri yang terletak di Jalan Prof Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta.

  • Bentara Budaya Yogyakarta

Satu lagi galeri yang tak pernah sepi dari pameran adalah Bentara Budaya Yogyakarta. Terletak di Jalan Suroto 2, Kotabaru, Yogyakarta, tempat ini biasa digunakan sebagai ruang pameran fotografi hingga lukisan. Salah satu agenda tetap di bentara Budaya Yogyakarta adalah Jazz Mben Senen yang diadakan setiap Senin malam.

  • Jogja Gallery

Menemukan Jogja Gallery bisa dibilang cukup mudah. Galeri ini terletak di dekat Alun-Alun Utara Yogyakarta, tepatnya di Jalan Pekapalan No. 7 Yogyakarta. bangunan ini dulunya merupakan sebuah gedung bioskop ‘Soboharsono’ yang pertama kali dibangun pada tahun 1929 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada 19 September 2006 kemudian berumah menjadi galeri. Tempat ini sering dijadikan alternatif tempat pameran seni karena lokasinya yang mudah diakses.

  • Ark Galerie

Ark Galerie berdiri pada April 2007 di Jakarta. Namun pada Juli 2013, direktur Ark Galerie memilih memindah galeri di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Suryodiningratan 36 A Yogyakarta. LOkasi ini berdekatan dengan beberapa ruang seni lain seperti Cemeti Art House, Kedai Kebun Forum, Langgeng Art Foundation dan Indonesian Contemporary Art Network (ICAN).

  • Tembi Rumah Budaya

Tak cuma sebagai galeri yang digunakan untuk pameran karya seni, di Tembi Rumah Budaya juga terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai hal berkaitan dengan tradisi dan budaya Jawa, seperti mainan tradisional, keris hingga wayang kulit. Tembi Rumah Budaya yang terletak di Jalan parangtritis KM 8,4 Bantul ini juga dilengkapi dengan penginapan dengan interior Jawa yang membuat mengunjunginya merasakan kenyamanan hidup di pedesaan.

  • Sangkring Art Space

Bisa dibilang galeri ini tak berada di pusat kota. Sangkring Art Space terletak di Jalan Nitiprayan 88 RT 01/02, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Sangkring Art Space berdiri pada 31 mei 2007. Nama itu diambil dari nama leluhur Putu Sutawijaya, perupa dan pendiri Sangkring Art Space. Bangunan Sangkring Art Space bisa dibilang cukup keren. Saking kerennya, galeri ini pernah masuk di majalah TIME.

  • Cemeti Art House

Cemeti Art House yang juga disebut Rumah Seni Cemeti berada di Jalan DI Panjaitan 41 Yogyakarta. Galeri ini didirikan sejak 1988 oleh Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma. Setiap tahun puluhan proyek telah diadakan; baik pameran di ruang galeri maupun proyek site specific, seperti pameran tunggal dan kelompok, performance, diskusi, presentasi dari program residensi dan artist talk yang melibatkan seniman, penulis, aktivis seni, kurator dan manajer, dari dalam maupun luar negeri.

  • Tahun Mas Art Room

Merupakan sebuah ruang pameran untuk mendukung dan menampung segala bentuk seni. Galeri ini terletak di Jl. Sapto Hudoyo Kasongan Yogyakarta. Galeri yang didirikan oleh seniman Timbul Raharjo juga sering dijadikan tempat pameran seni.

  • Langgeng Art Fondation

Langgeng Art Foundation (LAF) adalah lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi berbagai macam seni, penciptaan presentasi dan diskusi, terutama terhadap cara-cara strategis dalam pertumbuhan dan perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Langgeng Art Foundation didirikan oleh Deddy Irianto yang merupakan pendiri dan manager Langgeng Gallery, Magelang, Indonesia pada tahun 2010. Letak galeri ini cukup mudah diakses, yakni di Jalan Suryodiningratan 37 Yogyakarta.

Nah, itulah 10 galeri seni di Jogja yang dapat kamu datangi. Tidak hanya 10 galeri itu, pasti masing sangat banyak galeri-galeri seni di Jogja. Silih berganti galeri-galeri itu membuat pameran yang tidak ada putusnya. Sebelum kamu mengunjunginya, sebaiknya kamu cek dahulu apa tengah ada pameran ataukah tidak di galeri yang akan kamu datangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *