5 Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas yang Berjuang

5 Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas yang Berjuang

5 Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas yang Berjuang

5 Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas yang Berjuang

PartiCularGallery. – 5 Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas yang BerjuangCara Mengubah Komunitas Menggunakan Aset, Seni, dan Budaya Lokal membuat kasus yang menarik bahwa proyek-proyek budaya.  Tidak hanya mewah tetapi memainkan peran mendasar dalam menghidupkan. Kembali kekayaan dan meningkatkan prospek masyarakat miskin, minoritas dan lainnya yang kurang beruntung.

Institusi sipil, seperti museum, galeri publik, organisasi seni komunitas, lembaga seni pertunjukan. Dewan seni, dan organisasi seni publik memiliki Proyek Seni kesempatan langka. Untuk memimpin perubahan signifikan dengan melibatkan kelompok-kelompok tertentu. Untuk membantu merancang dan melaksanakan program lingkungan pengembangan masyarakat yang kreatif.

Tetapi tidak perlu selalu institusi yang mengambil tindakan. Kisah-kisah yang dipilih di bawah ini menawarkan contoh inspiratif tentang bagaimana masing-masing seniman juga dapat membuat perbedaan.

Bagaimana Cara Proyek Seni Meningkatkan Komunitas?

  • Promosikan Interaksi di Ruang Publik

Ruang publik dan pasar adalah bahan penting di setiap komunitas. Ruang publik memberikan peluang bagi orang untuk bertemu dan terpapar dengan berbagai tetangga. Pertemuan-pertemuan ini sering terjadi secara kebetulan, tetapi mereka juga bisa datang melalui pengorganisasian aktif.

Proyek seni memajukan interaksi yang konstruktif di antara orang-orang di ruang publik hampir terlupakan di banyak komunitas. Para perencana, arsitek, dan administrator publik lebih memusatkan perhatian untuk menciptakan tempat-tempat estetis. Dan menyediakan gerakan dan penyimpanan mobil tanpa hambatan. Daripada menciptakan tempat yang mendorong interaksi sosial. Baru-baru ini, pejabat publik bahkan lebih peduli dengan keamanan dan memaksimalkan kemampuan mereka untuk mengamati dan mengendalikan orang di ruang publik.

  • Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Melalui Perayaan

Menciptakan jenis koneksi antara orang-orang yang mengarah ke tindakan kolektif masyarakat merupakan tantangan bagi perencana, penyelenggara, atau pembangun komunitas. Ini banyak kerja keras dan tidak ada formula rahasia. Tetapi ini adalah unsur penting dalam masyarakat demokratis.

Acara tahunan atau musiman seperti festival atau pasar petani dapat sangat efektif di komunitas dengan keragaman sosial, etnis, dan ekonomi yang besar. Proses yang digunakan untuk merencanakan dan melaksanakan peristiwa ini setidaknya sama pentingnya dengan kejadian itu sendiri.

  • Libatkan Remaja di Komunitas

Termasuk orang muda sebagai kontributor yang berarti dalam aspek sosial dan ekonomi dari pembangunan komunitas. Tidak boleh diabaikan dan tidak dapat ditinggalkan hanya untuk sekolah dan orang tua.

Melibatkan remaja memiliki manfaat ganda: itu membawa lebih banyak orang dewasa ke dalam gambar. Penelitian dalam keterlibatan sipil oleh Liga Pemilih Wanita menunjukkan bahwa faktor yang paling mungkin membuat orang lebih terlibat dalam urusan masyarakat adalah membantu memperbaiki kondisi untuk pemuda. “Masalah yang berkaitan dengan anak-anak, termasuk pendampingan dan pembinaan, dan pendidikan adalah yang paling mungkin untuk memobilisasi waduk relawan yang belum tersentuh.”

  • Promosikan Kekuasaan dan Pelestarian Tempat

Ketika orang terlibat dalam desain, dengan proyek seni penciptaan, dan pemeliharaan tempat, mereka mengembangkan minat dalam menggunakan dan memelihara ruang-ruang ini. Ketika mereka memiliki rasa “kepemilikan” atau koneksi ke tempat-tempat yang sering mereka kunjungi.

Komunitas menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup, bekerja, dan berkunjung. Perasaan penghormatan dan tanggung jawab penghuni tempat itu mengikat mereka ke tempat itu dan satu sama lain. Tidak ada arsitek atau perencana kota yang dapat merancang atau membangun tempat yang melakukan itu.

Apa Kegunaan Dari Proyek Seni?

  • Memperluas Partisipasi dalam Agenda Publik

Beberapa orang berpendapat bahwa modal sosial organisasi sukarelawan dan upaya yang memberikan perekat di komunitas mana pun. Telah terkikis dengan mantap selama dua generasi terakhir, seperti yang terlihat oleh penurunan dalam partisipasi dalam kelompok sosial dan sipil.

Krisis ini mungkin benar-benar menjadi salah satu di mana alat-alat lama untuk melibatkan orang dalam isu-isu sipil tidak lagi cukup untuk menghadapi tantangan baru. Alat-alat tersebut mungkin telah kehilangan keefektifan ketika populasi beraneka ragam.

Hampir sama pentingnya dengan desain jalan, sejumlah kegiatan terkait muncul dari proses komunitas, terutama yang melibatkan pemuda? Proyek seni yang dimulai segera. Mereka termasuk proyek fotografi siswa yang mengarah ke kartu pos dan kalender. Siswa-siswa lain yang mengukir patung-patung batu untuk disematkan sepanjang tiga mil dari trotoar beton.

Pemuda menanam bibit di kanan proyek jalan, dan mereka merancang penanda ubin, mural taman bermain keramik, dan potongan tanah liat tangan untuk menggantung di desa hijau Menempatkan tim seniman di kemudi desain jalan raya mungkin tampak berisiko. Namun, ketika bagian yang paling sulit dari konstruksi jalan raya adalah memilah dan menegosiasikan nilai-nilai individu dan masyarakat, perasaan, dan estetika, itu masuk akal – dan itu berhasil.

Dengan demikian, proyek seni memenuhi kebutuhan penduduk setempat dan departemen jalan raya negara bagian. Anggota masyarakat dari segala usia memperoleh pemahaman baru tentang fungsi dan kemungkinan jalan raya, serta pemahaman yang lebih besar tentang apa yang dapat mereka lakukan ketika mereka bekerja bersama secara kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *